Seorang mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari pusaran air laut dengan bantuan komputer dia mulai melakukan pelacakan literatur memanfaatkan fasilitas basis data di perpustakaan universitas dengan mengandalkan kata "kata kunci tentang pusaran air laut". Untuk jasa ini, permasalahannya adalah masalah biaya yang tidak sebanding dengan waktu penggunaan komputer, cara perburuan semacam ini jauh lebih singkat dan menghemat tenaga.
Setelah memperoleh bahan yang diperlukan, sang mahasiswa lalu mendiskusikannya dengan pembimbing dalam pemilihan suatu topik baru dan belum pernah diteliti orang lain, akhirnya pilihannya jatuh pada studi medan alir pusaran air laut. Untuk maksud tersebut, sang mahasiswa perlu menghitung beberapa parameter yang menyusun suatu medan alir, hal ini berarti perlunya informasi tentang metoda penghitungan parameter tersebut, katakanlah dia berhasil menemukan makalah yang membahas tentang metoda penghitungan parameter yang diusulkan oleh seorang ilmuwan, dengan menggunakan teknik aljabar komputer MACSYMA atau MAPLE, solusi metoda tersebut diujinya. Jika solusi tersebut bisa dibuktikan kebenarannya secara matematis, persoalan lain telah menunggu yakni pengujian beberapa kasus fisis sederhana yang solusi teoritisnya sudah diketahui. Pemilihan suatu kasus sederhana dan umum dari berbagai kemungkinan kasus fisis yang ada merupakan seni tersendiri dan amat ditentukan oleh indera keilmuan sang mahasiswa.
Setelah menetapkan pilihan pada suatu kasus tertentu, Kembali lagi komputer berperan dalam proses simulasi yakni membuat data buatan kasus fisis tersebut untuk dihitung parameter, parameter medan alirnya menggunakan metoda di atas, hasil simulasi ini yang kemudian dicocokkan dengan perhitungan teoritis.
Dalam tahap pemrosesan data buatan inilah, timbul beberapa permasalahan diantaranya bising (noise). Bising ini bisa disebabkan oleh proses penghitungan misalnya penggunaan rumus turunan/differensial secara numeris atau bising yang sengaja dicampurkan ke dalam data buatan. Bising buatan ini merupakan antisipasi awal dalam menangani persoalan yang ditemui dalam pengukuran di laut yakni ketidaktepatan penentuan salah satu besaran fisis tertentu. Untuk mengatasi pengaruh kedua jenis bising ini, salah satu teknik yang memodifikasi teknik Transformasi Fourier Cepat dapat diajukan sebagai alat pembuat berbagai jenis filter.
Setelah melalui beberapa tahap di atas, sang siswa memperoleh informasi tentang kemampuan dan keterbatasan suatu metoda. Dengan mengetahui kemampuan metoda itu berarti ia atau pemakai lainnya menjadi yakin akan temuan yang diperoleh. Sedangkan menyadari akan keterbatasannya berarti alternatif pemecahan menjadi terbuka lebar melalui upaya penyempurnaan metoda yang sudah ada, pengembangan metoda lainnya atau pun pendayagunaan beberapa teknik pengolahan data yang ada, misalnya teknik penjendelaan dan teknik perataan.
Contoh diatas merupakan proses belajar yang umum dialami oleh para karyasiswa Indonesia yang sedang belajar di luar negeri, tampak berbagai disiplin ilmu dan komputer bergabung membantu proses belajar, karena proses ini merupakan salah satu komponen pendidikan, kami menyimpulkan bahwa komputer akan memegang peranan penting sebagai alat bantu dalam pendidikan di Indonesia.
Penggunaan komputer dalam pendidikan di AS antara lain disebabkan oleh adanya kebutuhan AS untuk mengajar murid yang jumlahnya besar dalam waktu yang singkat, komputer pertama kali dipakai sebagai media pendidikan di pabrik-pabrik, bukan disekolah, seperti diketahui AS juga pernah secara gencar menggunakan media TV untuk mengajar, tetapi hasilnya ternyata tidak seperti yang diinginkan.
Mula-mula program belajar dengan komputer (courseware) tampil dalam bentuk latihan soal, tutorial, dan simulasi hukum-hukum alam, dengan makin berkembangnya kemampuan komputer (misalnya dalam menampilkan gambar), perangkat lunak latihan soal dirasakan tidak memanfaatkan kemampuan sesungguhnya yang ada pada komputer, keadaan bertambah runcing dengan perkembangan pengetahuan di bidang kognitif, seperti munculnya teori-teori tentang human information processing, akibatnya para ahli dibidang komputer dan kognitif melihat bahwa komputer untuk pendidikan dapat berfungsi lebih dari sekedar alat mempresentasikan materi pelajaran, komputer harus dapat meningkatkan cara berfikir seseorang, hal ini dapat dicapai misalnya dengan bantuan bidang AI (artificial intelligence).
”peningkatan cara berfikir” ini dirasakan penting karena perkembangan teknologi yang sangat pesat mengharuskan seseorang untuk mempunyai keterampilan belajar (cara berfikir) yang tinggi. Dengan kata lain, proses belajar merupakan proses pembentukan pengetahuan bukan proses menghafal pengetahuan. Jadi kita dapat menggunakan pengetahuan yang telah kita miliki untuk membangun pengetahuan yang baru.
Dibandingkan dengan media pendidikan yang lain, seperti overhead, tv, dan film, komputer itu lebih memungkinkan untuk membuat sang murid menjadi ”aktif” bermain-main dengan informasi, perangkat lunak dapat dibuat agar interaktif, hal ini sukar dicapai oleh media lainnya. Hal lain yang menarik, perangkat lunak untuk pendidikan dapat di sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing murid, hal ini memungkinkan murid-murid untuk berkembang sesuai dengan keadaan dan latar belakang kemampuan yang dimiliki, murid yang memang mampu belajar dengan kecepatan tinggi tidak perlu menunggu rekan lainnya yang memerlukan waktu lebih dalam memahami materi pelajaran.
6 Tips Artikel Keamanan Komputer
Setelah memperoleh bahan yang diperlukan, sang mahasiswa lalu mendiskusikannya dengan pembimbing dalam pemilihan suatu topik baru dan belum pernah diteliti orang lain, akhirnya pilihannya jatuh pada studi medan alir pusaran air laut. Untuk maksud tersebut, sang mahasiswa perlu menghitung beberapa parameter yang menyusun suatu medan alir, hal ini berarti perlunya informasi tentang metoda penghitungan parameter tersebut, katakanlah dia berhasil menemukan makalah yang membahas tentang metoda penghitungan parameter yang diusulkan oleh seorang ilmuwan, dengan menggunakan teknik aljabar komputer MACSYMA atau MAPLE, solusi metoda tersebut diujinya. Jika solusi tersebut bisa dibuktikan kebenarannya secara matematis, persoalan lain telah menunggu yakni pengujian beberapa kasus fisis sederhana yang solusi teoritisnya sudah diketahui. Pemilihan suatu kasus sederhana dan umum dari berbagai kemungkinan kasus fisis yang ada merupakan seni tersendiri dan amat ditentukan oleh indera keilmuan sang mahasiswa.
Setelah menetapkan pilihan pada suatu kasus tertentu, Kembali lagi komputer berperan dalam proses simulasi yakni membuat data buatan kasus fisis tersebut untuk dihitung parameter, parameter medan alirnya menggunakan metoda di atas, hasil simulasi ini yang kemudian dicocokkan dengan perhitungan teoritis.
Dalam tahap pemrosesan data buatan inilah, timbul beberapa permasalahan diantaranya bising (noise). Bising ini bisa disebabkan oleh proses penghitungan misalnya penggunaan rumus turunan/differensial secara numeris atau bising yang sengaja dicampurkan ke dalam data buatan. Bising buatan ini merupakan antisipasi awal dalam menangani persoalan yang ditemui dalam pengukuran di laut yakni ketidaktepatan penentuan salah satu besaran fisis tertentu. Untuk mengatasi pengaruh kedua jenis bising ini, salah satu teknik yang memodifikasi teknik Transformasi Fourier Cepat dapat diajukan sebagai alat pembuat berbagai jenis filter.
Setelah melalui beberapa tahap di atas, sang siswa memperoleh informasi tentang kemampuan dan keterbatasan suatu metoda. Dengan mengetahui kemampuan metoda itu berarti ia atau pemakai lainnya menjadi yakin akan temuan yang diperoleh. Sedangkan menyadari akan keterbatasannya berarti alternatif pemecahan menjadi terbuka lebar melalui upaya penyempurnaan metoda yang sudah ada, pengembangan metoda lainnya atau pun pendayagunaan beberapa teknik pengolahan data yang ada, misalnya teknik penjendelaan dan teknik perataan.
Contoh diatas merupakan proses belajar yang umum dialami oleh para karyasiswa Indonesia yang sedang belajar di luar negeri, tampak berbagai disiplin ilmu dan komputer bergabung membantu proses belajar, karena proses ini merupakan salah satu komponen pendidikan, kami menyimpulkan bahwa komputer akan memegang peranan penting sebagai alat bantu dalam pendidikan di Indonesia.
Penggunaan komputer dalam pendidikan di AS antara lain disebabkan oleh adanya kebutuhan AS untuk mengajar murid yang jumlahnya besar dalam waktu yang singkat, komputer pertama kali dipakai sebagai media pendidikan di pabrik-pabrik, bukan disekolah, seperti diketahui AS juga pernah secara gencar menggunakan media TV untuk mengajar, tetapi hasilnya ternyata tidak seperti yang diinginkan.
Mula-mula program belajar dengan komputer (courseware) tampil dalam bentuk latihan soal, tutorial, dan simulasi hukum-hukum alam, dengan makin berkembangnya kemampuan komputer (misalnya dalam menampilkan gambar), perangkat lunak latihan soal dirasakan tidak memanfaatkan kemampuan sesungguhnya yang ada pada komputer, keadaan bertambah runcing dengan perkembangan pengetahuan di bidang kognitif, seperti munculnya teori-teori tentang human information processing, akibatnya para ahli dibidang komputer dan kognitif melihat bahwa komputer untuk pendidikan dapat berfungsi lebih dari sekedar alat mempresentasikan materi pelajaran, komputer harus dapat meningkatkan cara berfikir seseorang, hal ini dapat dicapai misalnya dengan bantuan bidang AI (artificial intelligence).
”peningkatan cara berfikir” ini dirasakan penting karena perkembangan teknologi yang sangat pesat mengharuskan seseorang untuk mempunyai keterampilan belajar (cara berfikir) yang tinggi. Dengan kata lain, proses belajar merupakan proses pembentukan pengetahuan bukan proses menghafal pengetahuan. Jadi kita dapat menggunakan pengetahuan yang telah kita miliki untuk membangun pengetahuan yang baru.
Dibandingkan dengan media pendidikan yang lain, seperti overhead, tv, dan film, komputer itu lebih memungkinkan untuk membuat sang murid menjadi ”aktif” bermain-main dengan informasi, perangkat lunak dapat dibuat agar interaktif, hal ini sukar dicapai oleh media lainnya. Hal lain yang menarik, perangkat lunak untuk pendidikan dapat di sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing murid, hal ini memungkinkan murid-murid untuk berkembang sesuai dengan keadaan dan latar belakang kemampuan yang dimiliki, murid yang memang mampu belajar dengan kecepatan tinggi tidak perlu menunggu rekan lainnya yang memerlukan waktu lebih dalam memahami materi pelajaran.
6 Tips Artikel Keamanan Komputer
1. Gunakan AntiVirus
Tentu saja ini yang paling penting, mau nggak mau anti virus seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus. Oh iya, kalo nggk punya duit jangan gunakan antivirus bajakan, gunakan antivirus gratis saja, karena tidak kalah hebat kok dalam membasmi virus.
2. UPDATE
Jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya anti virus saja yang diupdate. SEMUANYA, baik itu Operating Systemnya, Software yang terinstall maupun driver. karena tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna dan pasti ada sebuah celah untuk keamanan, jangan percaya programmer yang berkata “Software saya sempurna dalam keamanan komputer”. Untuk menutup lubang keamanan itu kita harus update dan update, karena virus internet juga selalu update dan update.
3. Hati-hati saat browsing
Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dsb). Jika tidak mau terkena virus ya jangan kesana, ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer, tapi saya tahu anda sudah kecanduan dengan situs semacam itu, maka daripada itu jika ada peringatan dari browser anda lebih baik acuhkan saja situs tersebut atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu, sudah acuhkan saja.
Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda, kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer.
4. Selalu scan file yang di download
Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya seperti blog ini, itu Harus tetap diSCAN pakai anti virus, contohnya setelah anda mendownload ebook gratis apa anda yakin ebook itu bebas kuman eh maksudnya bebas virus, atau saat mendapatkan script gratis, apa benar script itu benar-benar aman?
Mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati.
5. Hati-hati email
Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui email, apalagi jika mendapat email yang berisi file seperti exe, vbs, bat, ditambah itu dikirim oleh orang asing, bisa-bisa virus internet itu mematikan komputer lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk anda kapasitasnya bertambah ”
Gimana nggak bertambah, lha wong semua file dihapus.
6. Baca terus Artikel keamanan komputer
Perkembangan sebuah komputer itu berjalan seperti halnya seekor panther yang larinya cepat sekali, mungkin artikel kemanan komputer yang anda baca 1 bulan yang lalu sudah usang termakan zaman. jadi terus-teruslah membaca berbagai artikel komputer yang bagus seperti di blog ini, hehee...
Manfaat komputer itu memang banyak sekali, tapi disaat bersamaan juga muncul hal-hal yang merepotkan supaya keamanan komputer itu terjaga.
Pentingnya Komputer Sebagai Alat Bantu Yang Sangat Cepat dan Mudah
Reviewed by yogie kurniawan wijaya
on
19.09
Rating:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar